Semangat 17 Agustus di Bulan RAMADHAN

DILARANG MELARANG - Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945 diproklamasikan ketika umat Islam sedang menjalankan ibadah Puasa. Umat Islam sudah sembilan hari menjalankan ibadah puasa Ramadhan tahun 1364 Hijriyah. Semangat dari proklamasi itu membakar puluhan juta rakyat Indonesia di seluruh negeri untuk bangkit melawan penjajah. Kini peringatan Kemerdekaan RI kembali bertepatan dengan Ramadhan. Bulan ramadhan adalah bulan yang diyakini sebagai permulaan turunnya kitab suci Al Quran.

Negara ini kini sudah berusia 67 tahun. Usia yang tidak muda lagi. Bangsa ini telah melewati dinamika kehidupannya dalam mengantisipasi ancaman, gangguan, tantangan dan hambatan. Tantangan dari aspek ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya dan pertahanan keamanan. Itu semua memberikan pengalaman berharga untuk menatap ke depan untuk mencapai tujuan negara.

Bangsa ini sungguh bersyukur memiliki Pancasila sebagai ideologi bangsa. Pancasila yang berasal dari nilai-nilai luhur budaya bangsa.

Namun nilai-nilai luhur budaya mulai luntur diterjang KEEGOISAN beberapa kelompok keagamaan tertentu. Ingat negara ini bukanlah hanya terdiri dari agama ISLAM saja, HARGAILAH 5 AGAMA LAINNYA.

KITA SETIAP PAGI MEMUKUL GENDANG DAN BERTERIAK SAHUR KERAS2 KELILING KOTA PUN MEREKA TIDAK PERNAH MEMPROTES KITA. KARENA MEREKA MENGERTI ITU ADALAH TRADISI DARI AGAMA ISLAM. ITU NAMANYA TOLERANSI ANTAR UMAT BERAGAMA.

LANTAS KENAPA RUMAH MAKAN BUKA DI SIANG HARI HARUS DI TUTUP DAN DIRUSAK???

Kalau pun mereka tidak berpuasa karena tidak tahan godaan makanan, ya itu DOSA NYA MEREKA SENDIRI, nanti ALLAH yang menghukum,bukan UMAT ISLAM yang menghakimi...!!

Karena Puasa itu kan salah satu ujian untuk menahan hawa nafsu dan godaan. Jika semua rumah makan tidak boleh buka pada siang hari, apa gunanya aturan puasa harus menahan nafsu..! Kasian juga kan mereka non muslim yg tidak bisa masak, mau makan dimana mereka. Disini nilai toleransi kita sebagai umat beragama..! ISLAM ITU INDAH, bukan menginjak yang LEMAH.

Ingat sejarah hijrah Rasullulah dan isi dari Piagam Madinah..!
"...Aku tidak akan mengislamkan negeri ini (jazirah arab) tapi aku akan mengislamkan hati penduduk disini, barang siapa yang menganiaya penduduk non muslim, maka sama saja dia telah menaniayaku dan meludahi agamaku..."

Jadi Kesimpulannya dengan Semangat Kemerdekan RI di Bulan RAMADHAN ini mari kita lebih menghargai Agama lain, Dan Pancasila sebagai ideologi bangsa HARUS LEBIH DIPAHAMI LAGI.


http://nagapasha.blogspot.com


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...