Ramalan Indonesia Di Tahun 2011


Tahun 2011 adalah tahun kelinci logam 2562. Secara umum tahun kelinci diharapkan dapat membawa ketenangan. Sebagian memang akan benar dimana konflik yang nampaknya sulit teratasi maka pada tahun kelinci ini ternyata lebih mulus. Namun demikian janganlah dilupakan bahwa kelinci juga memiliki kecenderungan untuk menghindari konflik sehingga isu yang diharapkan selesai malah bisa menjadi lebih parah.

Lalu bagaimana dengan ramalan/prediksi Indonesia di tahun 2011 ?

Kondisi Alam

Kondisi alam 2011 mirip dengan kondisi alam tahun 2010. Di tahun 2010 pergerakan tanah ditekan oleh kayu sehingga pergerakan tanah akan mengalami masalah. Akibatnya banyak terjadi tanah longsor. Di negara kita sebenarnya masalah air dan banjir tidak akan selalu dominan. Kalaupun terjadi banjir itu karena hujan yang merupakan akibat dari ekosistem yang sudah kacau. Cuaca beberapa tahun terakhir memang sulit untuk diprediksi. Dimusim yang harusnya kemarau malah terjadi hujan yang terus-menerus. Atau sebaliknya disaat musim hujan malah terik matahari terus terjadi melebihi waktu yang seharusnya.

Pada dasarnya, Indonesia berada di asia tenggara yang mempunyai elemen kayu sehingga diharapkan air akan cukup terkuras oleh elemen kayu ini. Tahun 2011 masih akan terjadi longsor dimana-mana dan gempa bumi sesekali masih akan mengguncang negeri ini. Namun hal tersebut tidak perlu dikuatirkan secara berlebihan.

Musibah yang masih akan menghiasai 2011 adalah kebakaran yang masih akan meluas di mana-mana. Aktivitas gunung berapi pun masih ada. Walaupun volumenya tak sebesar tahun 2010 namun jika sampai terjadi maka kualitas letusan tersebut akan lebih besar dari tahun sebelumnya.

Kondisi Ekonomi/Bisnis

Usaha yang cukup bagus di tahun 2011 adalah mereka yang bergerak dibeberapa bidang yang berelemen api dan kayu. Bisnis yang berelemen api misalnya kimia, biro jasa, listrik, minyak pembakar, restoran, minyak kelapa sawit, pertambangan gas dan batu bara.

Sementara itu bisnis yang berelemen kayu yang akan cerah misalnya furnitur, hasil perkebunan, fashion, kertas, percetakan. Bisnis yang berelemen air walaupun mengalami sedikit penurunan tapi masih bisa dikatakan cukup menguntungkan yakni biro wisata/perjalanan, perhotelan, ekspor-impor dan perikanan.

Disisi lain, bisnis yang berelemen tanah seperti properti, pertambangan yang elemennya batu/tanah diprediksi tidak baik/ciong. Untuk bisnis yang berkaitan dengan elemen logam seperti otomotif, keuangan/perbankan akan mengalami kondisi yang sulit sehingga para pebisnis tersebut harus fight dan mengeluarkan biaya ekstra untuk berpromosi.

Saham yang terdiri atas berbagai macam produk juga termasuk bisnis yang berlemen logam. Bagus tidaknya saham tergantung dari produknya. Jika ingin bermain saham, sebaiknya tetap mengacu pada 5 unsur (air,api,tanah,kayu,logam) di dalam satu tahun itu seperti apa. Jika mau main di saham batubara, perlu anda lihat dulu saham perusahaan tersebut milik siapa dan sehat atau tidak. Khusus untuk saham properti sebaiknya berhati-hati karena saham tersebut diprediksi tidak akan mengalami kenaikan yang signifikan.

Di tahun 2011, bisnis telekomunikasi akan cukup bagus meski persaingannya yang sangat ketat. Setelah ada perjanjian perdagangan bebas dengan china, kita bisa merasakan dan melihat bahwa produk dari china, khususnya telpon genggam yang beragam merk jumlahnya mengalir masuk dengan derasnya ke Indonesia. Dampak positifnya konsumen mempunyai banyak pilihan yang disesuaikan dengan kondisi keuangannya dan dampak negatifnya, produk serupa dalam negeri akan kalah bersaing yang secara mutu dan harga masih lebih baik.

Jadi di tahun 2011, dunia perdagangan Indonesia masih kurang menggembirakan. Agar bisa bertahan dan memenangkan persaingan di pasar bebas maka mau tidak mau kita harus menggali potensi yang ada pada diri kita sendiri agar kemampuan kita tidak kalah dengan asing.

Kondisi Politik

Presiden SBY ber-shio kerbau dan wapres Boediono ber-shio kambing. SBY cukup mapan berkuasa namun sayangnya tak memperoleh bantuan yang cukup dari lingkungannya. Sangat mungkin akan terjadi banyak perpecahan bahkan tak tertutup kemungkinan koalisi yang ada akan berjalan sendiri-sendiri. Tahun 2011 adalah tahun yang memusingkan untuk RI-1.

Boediono sebagai RI-2 di tahun 2011 akan mendapat siklus yang positif sekali. Untuk itu, diharapkan RI-1 mau meminta pertimbangan dari RI-2 karena posisi RI-2 bintangnya/hokinya sangat terang sekali. Walaupun posisinya agak terombang-ambing, asal bisa menahan diri, Boediono akan tetap mendapatkan kepemimpinan yang luar biasa. Tahun 2011, Boediono harus berani mengambil tindakan untuk melangkah. Boediono juga bisa menggalang bantuan dari banyak pihak. Jadi diharapkan RI-1 bisa menggunakan kemampuan RI-2 untuk melobi atau melakukan tugas penting sehingga diharapkan negara ini pamornya bisa meningkat di dunia internasional.

Meskipun demikian RI-2 harus memikirkan secara matang sebelum mengambil tindakan dan jangan bersikap otoriter karena jika bersikap demikian akan dimusuhi banyak pihak.

Indonesia sendiri memang posisinya ada di tenggara dibandingkan negara-negara lain yang sebenarnya memiliki peruntungan yang bagus namun sayang siklusnya tidak lama. Ada hal lain yang perlu diwaspadai yakni berupa tekanan dari pihak asing karena mereka bisa menjarah dan mendominasi negara kita. Untuk itu diperlukan pemimpin yang jeli /cerdik dan tegas tidak mau didikte.

Kondisi Global

Secara fengshui, negara-negara bagian utara dan selatan di tahun 2011 akan mengalami peruntungan yang cukup bagus termasuk korut dan korsel hubungannya akan lebih baik dan tidak setegang 2010. Kondisi yang tidak baik adalah negara bagian barat dan timur seperti masalah israel, asia timur, asia barat atau tepi barat yang konfliknya masih panjang.

Yang menarik adalah hubungan Indonesia-Malaysia masih tidak menguntungkan karena mendapat tekanan dimana kita selalu berusaha baik namun kurang mendapat respon yang baik pula. Untuk itulah negara ini harus lebih fokus membangun diri sendiri dan kekuatan diri sendiri karena jika kita kuat maka otomatis akan disegani negara sekitar.

Sumber


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...