Bentuk dan Cara Penyimpangan BBM Bersubsidi

Rencana pemerintah Indonesia untuk membatasi subsidi BBM pada bahan bakar bersubsidi sudah dekat, namun Pemerintah sepertinya tidak sadar bahwa rencana diskriminasi harga BBM dapat memunculkan problem baru yang cukup serius, yaitu penggelapan atau penyalahgunaan BBM subsidi oleh pihak-pihak tertentu yang ingin mendapatkan keuntungan banyak dari bermain BBM. Intinya adalah menjual BBM bersubsidi kepada pemakai BBM nonsubsidi.

Berikut ini adalah beberapa Cara menyalahgunakan BBM Bersubsidi :

1. Permainan Kendaraan Umum Plat Kuning

Orang akan banyak membeli dan memiliki kendaraan plat kuning untuk sekedar isi bensin premium atau solar penuh full tank sampai limit harian habis lalu setelah sampai di suatu tempat dikuras isi bbmnya hingga sedikit. Kemudian bbm hasil kurasan tadi dijual kepada orang-orang yang tidak berhak mendapatkan bbm bersubsidi tersebut.

Para pengusaha atau sopir angkutan umum mungkin akan lebih memilih narik sebentar atau tidak narik sama sekali apabila keuntungan yang dijanjikan teknik jahat ini lebih besar daripada mencari penumpang. Lebih enak jual bbm daripada harus berpanas-panasan, kebut-kebutan, sumpek-sumpekan, macet-macetan di jalan raya hanya untuk beberapa puluh ribu rupiah sehari.

2. Permainan BBM Campur / Bersin Oplosan

Tidak heran kalau dulu sewaktu harga minyak tanah masih murah harganya banyak orang jahat yang senang mencampur bensin dengan minyak tanah agar bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar dari penjualan bbmnya. Untuk kasus zaman sekarang mungkin bisa jadi akan ada permainan oplos-mengoplos bbm subsidi seperti halnya memindahkan gas elpiji (lpg) dari tabung kecil 3 kilogram yang mendapat subsidi pemerintah ke tabung 12 kilogram atau tabung yang lebih besar lagi.

3. Permainan Mengubah Status atau Menimbun BBM Bersubsidi

Para distributor, agen, pembeli besar, spbu, dan lain-lain bisa saja bermain dengan menyulap bbm bersubsidi menjadi bbm tidak bersubsidi sehingga mereka mendapatkan keuntungan yang besar dari selisih harga penjualan. Nantinya bbm bersubsidi bisa hilang dari peredaran di masyarakat karena permainan jahat tersebut. Penjahat kelas teri pun akan menderita karena tidak sulit mendapatkan bbm subsidi untuk dimainkan.

Dan mungkin masih banyak lagi masalah-masalah lain yang muncul dari pemberlakuan diskriminasi harga bbm. Apabila kontrol tidak kuat maka akan banyak pihak yang menyalahgunakan bbm bersubsidi sehingga bukan kesejahteraan raykyat yang didapat, namun kesejahteraan pemerintah dan kesejahteraan penjahat bbm saja yang meningkat drastis.

source from : http://organisasi.org/bentuk-cara-penyimpangan-penggelapan-bbm-bersubsidi-akibat-diskriminasi-harga



Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...