Tahun Baru Cina

Kebiasaan yang terjadi pada tahun baru Cina seperti "Hang Bao" yang berarti paket merah, dimana anak-anak bangun lebih awal untuk mendapatkan amplop merah yang biasa disebut "Lai Si" atau "Hang Bao" (Amplop Uang Keberuntungan) di bawah bantal mereka.

" GONG XI FA CAI " Secara literatur, translasi dari "Gong Xi" adalah "Untuk Harapan" dan "Fa Cai" - "Untuk Kemakmuran" yang berari "Saya berharap kamu akan lebih makmur"

Dimulai dari datangnya sang bulan baru dan berakhir 15 hari kemudian yang dimeriahkan oleh "Full Moon Lantern Festival" Urut-urutan perayaan 15 hari Tahun Baru Cina adalah sebagai berikut :

* Pada Hari Pertama bulan baru dirayakan kedatangan dari dewa-dewa(i) Surga dan Bumi. Beberapa masyarakat memulai puasa makan daging karena dipercaya akan memberikan umur panjang dan kehidupan yang bahagia.

* Hari Kedua, masyarakat berdoa kepada leluhur mereka dan juga kepada dewa-dewa(i). Memberi makan lebih kepada anjing-anjing peliharaan yang juga dipercaya hari kedua ini adalah hari lahir semua anjing di dunia.

* Hari Ketiga dan Keempat, dikhususkan untuk bakti dari menantu kepada mertua.

* Hari Kelima, disebut juga Po Woo. Pada hari ini masyarakat berdiam diri dirumah untuk menyambut kedatangan Dewa Kekayaan. Mereka tidak berkunjung ke sanak saudara karena dipercaya akan memberikan nasib buruk.

* Hari Ke-enam, Masyarakat mengunjungi teman dan rekan-rekannya secara bebas, mereka juga berkunjung ke kuil-kuil untuk berdoa bagi kesejahteraan dan kesehatan.

* Hari Ketujuh, Hari bagi para petani untuk memamerkan produknya. Para petani membuat minuman dari 7 jenis sayuran untuk merayakan. Hari ketujuh juga dipercaya sebagai hari lahir manusia. Mie wajib dimakan untuk panjang umur dan ikan untuk kesuksesan.

* Hari Kedelapan, pada larut malam masyarakat berdoa khusus bagi Tian Gong, Dewa Surga.

* Hari Kesembilan, adalah hari permintaan kepada Raja Giok (Jade Emperor)

* Hari Kesepuluh - Keduabelas, adalah kunjungan makan malam ke rumah teman dan rekan-rekan.

* Setelah dipenuhi dengan makanan lezat, pada Hari Ketigabelas kamu harus membersihkan diri dengan makanan sederhana dan Choi Sum.

* Hari Keempat Belas, persiapan khusus untuk perayaan Festival Lampion untuk hari Kelimabelas.

GONG XI FA CAI !!



Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...