Kuliner atau Makanan Khas Bogor

Indonesia kaya akan masakan pastinya disetiap daerah punya makanan atau kuliner yang khas. Berikut ini nagapasha akan membahas Kuliner atau Makanan Khas Kota Bogor.

1. Doclang
doclang bogor

Doclang adalah makanan khas tradisional Bogor yang masih bertahan sejak zaman dulu hingga saat ini, karena di Bogor penggemarnya masih sangat banyak. Isi dari doclang adalah sederhana, yakni terdiri atas irisan lontong ukuran besar yang dibungkus daun patat, kentang, tahu, kerupuk, dan telur rebus. Berbagai bahan ini kemudian disiram bumbu kacang yang dicampur aneka macam rempah dan sedikit pedas. Kemudian, bahan-bahan tersebut ditambah kecap secukupnya, dan sambal bagi yang suka pedas. Rasanya gurih dan sedikit manis.

2. Soto Kuning
kuning bogor

Soto Kuning adalah makanan khas Bogor, Jawa Barat. Bahan masakan ini terbuat dari daging sapi dan jeroannya. Soto ini juga menggunakan santan sehingga sekilas seperti Soto Betawi akan tetapi yang membedakannya adalah karena warna kuningnya yang disebabkan oleh salah satu bahan dasar masakan ini, yaitu kunyit, serta daging yang direbus dan diberi bumbu terlebih dulu, sehingga daging pun tidak basah dan dapat bertahan lama.

3. Asinan Bogor
asinan bogor

Asinan buah-buahan dari kota Bogor, Jawa Barat. Berbagai jenis buah-buahan tropis yang diasinkan atau diacar seperti mangga muda, jambu air, pepaya, kedondong, bengkoang, pala dan nanas disajikan dalam kuah cuka yang asam, manis dan pedas, ditaburi dengan kacang goreng.

4. Mie Golosor
mie golosor bogor

Makanan khas Bogor satu ini biasanya dijadikan makanan untuk berbuka puasa bagi umat muslim di Bogor. Biasanya mie ini agar lebih nikmat rasanya disajikan dengan sambal kacang, gorengan dan juga Kerupuk Mie. Makanan ini berwarna kuning keemasan dan berbahan dasar tepung singkong dan campuran kunyit.

5. Toge Goreng
toge goreng bogor

Makanan khas yang satu ini memang namanya Toge Goreng namun pada proses pembuatan sebenarnya makanan ini sama sekali tidak digoreng melainkan direbus dengan menggunakan wajan dan serok dengan air yang sedikit. Makanan yang satu ini berbahan dasar toge, mie kuning, tahu goreng dan juga ketupat.

Terima kasih anda telah membaca artikel berjudul Kuliner atau Makanan Khas Bogor. Semoga bisa bermanfaat http://nagapasha.blogspot.com



Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...